Cahaya Salim

Free CSS Navigation Menu Designs 2 at exploding-boy.com

Tab Menu 6



Kamis, 30 Agustus 2012

PAGAR TANAMAN

Pagar..
kata yang tidak asing di telinga kita.

Pagar artinya pembatas antara pemilik pakarangan ruamh yang satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu banyak jenis jenis pagar yang kita temui sesuai dengan selera dari pembuatnya atau pemilik pekarangan tersebut. Ada yang terbuat mulai dari bambu (kayak di rumah saya), kayu, tembok yang megah sangat, besi yang kokoh dan berkilau, ada juga kombinasi dari tembok dan besi yang menajubkan. Pembuatan pagar bermacam-macam alasan mulai dari keamanan( banyak maling katanya ) sampai pada alasan status sosial ( biar koyo wong sugeh). Pagar yang megah mewah dan ah dapat mengangkat derajat pemilik rumah pada tingkatan MANUSIA MODEREN 
.

Namun kini ada tren baru, yaitu pagar tanaman ( tidak ditambahi makanan lho). Tren ini terilhami oleh gerakan Back to nature (opo kui) serba alami, sehat, natural, penuh pesona, asri, dan ramah lingkungan tentunya. Di samping alami dan sejuk, pagar tanaman juga berkesan indah artistik. Setelah pucuk tumbuh bertunas, tanaman kemudian diatur dan dipangkas hingga membentuk "bangunan" yang cantik. Ada pula pagar tanaman yang berbunga, mekar, hingga menampilkan kesan semarak dan energik.

Bahkan, sebetulnya leluhur kita sudah mempraktikkan membuat pagar tanaman, bukan sekedar dimaknai keindahannya, namun lebih sebagai bahan pengobatan alternatif. Orang Jawa tempo lalu, misalnya, suka menanam beluntas, brotowali, dll sebagai pagar tanaman. Semua tahu, beluntas juga dapat dipakai untuk sayur dan penyembuhan tradisional.

JENIS TANAMAN YANG COCOK UNTUK PAGAR

1. Teh-Tehan (jawa= titian)
Klasifikasi
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
     Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
         Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
             Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
                 Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
                     Sub Kelas: Rosidae
                         Ordo: Euphorbiales
                             Famili: Euphorbiaceae
                                 Genus: Acalypha
                                     Spesies: Acalypha siamensis Oliv. ex Gage

Tanaman teh tehan bisa dipergunakan sebagi pagar murni tanpa bangunan tembok, tetapi bisa juga sebagai pendamping pagar tembok tersebut, hal ini bertujuan agar pagar tembok yang mengelilingi area terbuka menjadi indah dan rapi layaknya taman yang bisa dinikmati keindahannya

Tanaman Teh Tehan sebagai tanaman border
Tanaman teh tehan juga bisa digunakan sebagai tanaman border atau tanaman yang bisa dibentuk, dengan pola dan desain yang diinginkan

Perawatan Teh Tehan
Diperlukan perawatan pada saat awal menanam teh tehan sebagai material taman, perawatannya sebenarnya  cukum mudah, yaitu dengan cara melakukan penyiraman secara rutin sampai kira kira 3 minggu

Bibit Teh Tehan untuk pagar dan tanaman border
Bibit teh tehan banyak dijual oleh petani tanaman hias, dalam melakukan pembudidayaan tanaman teh tehan ini biasanya petani tanaman hias menyediakan dalam bentu sudah hidup di polybag ukuran 15, dengan media tanah bercampur sekam, dan dujual dengan kondisi segar, dan sudah keluar akar sehingga potensi untuk bisa hidup sangat tinggi,

Harga Teh Tehan
Kalau di desa Tebing sari Mulya ini tanaman nggak bayar alias gratis, tinggal ngomong mintak sama yang punya. Tapi kalau sobat yang tinggal di kota biasanya  bibit teh tehan di tingkat pembudidaya tanaman hias bisa murah apabila membelinya dalam jumlah besar, kisaran harganya antara Rp. 2.000,- sampai 20. 000,- per polibag, tergantung ukuran dan diameter tajuk serta besarnya media


2. Beluntas


Tanaman beluntas (Pluchea indica) termasuk suku Asteraceae dan masih sering tampak tumbuh liar di tanah tegal. Beluntas bisa mencipta keindahan saat ditanam sebagai tanaman pagar. Tingginya sekitar 1 - 2 meter, daunnya hijau terang, pinggirnya bergerigi, dan letaknya berseling. Bunga bertandan, warnanya putih agak kecokelat-cokelatan.


Daun beluntas mengandung zat-zat seperti amino (triptofan, treonin, lesusin, isoleusin), lemak, kalsium, fosfor, besi, vitamin A dan C. Oleh sebab itu, daun beluntas dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional, seperti:


Mengusir Bau Badan

Ambil 15 helai daun beluntas yang masih muda, lalu kukus. Santaplah sebagai lalapan.

Menghilangkan pegal-pegal dan demam

Sediakan 15 helai daun beluntas, lalu seduh dengan segelas air panas. Jika sudah dingin, saring dan minum 1 - 2 kali sehari.

Menyembuh ganguan pencernaan

Ambil 8 helai daun beluntas, cuci bersih, lalu letakkan di atas nasi yang akan dibuat tim. Resep ini cocok untuk anak-anak yang terganggu pencernaannya.

3. KEMUNING

Tanaman kemuning (Murraya paniculata) sering ditanam di pekarangan rumah, tapi ada juga yang tumbuh liar di antara semak-semak belukar. Kemuning termasuk ta-naman perdu, tingginya sekitar 3 - 7 meter.


Batangnya berkayu cukup keras, berwarna kekuning-kuningan. Kulit batang juga berwana ke-kuning-kuningan. Berdaun majemuk, menyirip ganjil. Bunganya tunggal atau majemuk tandan semu, setiap tandan berjumlah 8 bunga. Daun mahkota bunga berwarna putih. Bunganya sangat harum di senja hari.

Buahnya berbentuk bulat telur atau lonjong, dengan pangkal dan ujungnya lancip dan berwarna merah mengkilap.

Kemuning sangat menyukai sinar matahari. Jadi, cocok ditanam di tempat terbuka yang terkena sinar matahari langsung. Sebagaimana perawatan tanaman hias pada umumnya, kemuning juga perlu disiram dan dipupuk sesuai kebutuhan. Dengan demikian tanaman akan hidup sehat, dan akan selalu berbunga.

Perbanyakan kemuning dapat dilakukan dengan stek batang, pencangkokan, atau dengan bijinya. Ambil biji-biji yang tua, lalu semaikan dalam polybag. Setelah tumbuh sekitar 30 - 50 cm, bibit kemuning dapat ditanam sebagai tanaman pagar.

4. SOKA/ASOKA (BUNGA)
Tanaman soka (Ixora spp) termasuk jenis tanaman perdu tegak, dengan tinggi sekitar 2 - 4 meter. Ada beberapa jenis soka yang dapat dimanfaatkan sebagai tanaman pagar, antara lain:

Ixora paludosa, jenis soka yang paling banyak ditanam di Indonesia, berupa tanaman perdu, berbunga putih.
Ixora javanica berupa tanaman perdu berbunga merah.
Ixora finlaysoniana berupa pohon kecil, bunganya berwarna putih.


Perbanyakan tanaman soka dapat dilakukan dengan cara stek, pencangkokan, atau dengan peremajaan yang tumbuh sekitar pangkal batang


Nah sobat, itu tadi beberapa tanaman yang cocok di gunakan untuk pagar tanaman, tergantung selera sobat untuk memilih tumbuhan yang mana.
Agar rumah terlihat rindang, selain pagar tanaman sobat cahaya juga perlu menanam pohon peneduh ya..
Rumah rindang, indah, asri, akan membuat hari kita selalu ceria..

Let's go Green............
Pagar yang megah dan mewah akan mengangkat pemilik rumah menuju sebutan sebagai orang modern

Read more at: http://danahauses.blogspot.com/2010/06/tanam-tanaman-pagar-yang-indah-dan.html
Copyright danahauses.blogspot.com Under Common Share Alike Atribution
Pagar yang megah dan mewah akan mengangkat pemilik rumah menuju sebutan sebagai orang modern.

Read more at: http://danahauses.blogspot.com/2010/06/tanam-tanaman-pagar-yang-indah-dan.html
Copyright danahauses.blogspot.com Under Common Share Alike Atribution
Pagar yang megah dan mewah akan mengangkat pemilik rumah menuju sebutan sebagai orang modern.

Read more at: http://danahauses.blogspot.com/2010/06/tanam-tanaman-pagar-yang-indah-dan.html
Copyright danahauses.blogspot.com Under Common Share Alike Atribution