Enter Header Image Headline Here

Minggu, 01 Januari 2012

Puasa Senin Kamis Dengan Kesehatan

Assalamu'alaikum SObat..

Mengapa Nabi Muhammad SAW menganjurkan kita menjalankan puasa senin kamis?
Dalam sebuah hadist yang disampaikan oleh Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda :

“Segala amal perbuata manusia pada hari senin dan hari kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa, aku dalam kondisi berpuasa.” (HR. Tirmidzi)

Puasa yang dilakukan secara rutin dapat memberikan banyak manfaat baik fisik/lahiriah maupun jiwa/batiniah. Hal ini juga diakui oleh beberapa orang ahli dari barat yang non-muslim, seperti Allan Cott M.D (Amerika), Dr. Yuri Nikolayev (Rusia) dan Alvenia M. Fulton (Amerika). Allan Cott M.D bahkan telah membukukan beberapa hikmah dari puasa kedalam buku berjudul Why Fast?

Berikut adalah beberapa hikmah dari puasa yang diambil dari buku Why Fast? (diterjemahkan dalam bahasa Indonesia):

Merasa lebih baik secara fisik dan mental

Supaya terlihat dan merasa lebih muda

Membersihkan badan

Menurunkan tekanan darah dan kadar lemak

Lebih mampu mengendalikan sex

Membuat tubuh sehat dengan sendirinya

Mengendorkan/melepaskan ketegangan jiwa

Menajamkan fungsi indrawi

Memperoleh kemampuan mengendalikan diri sendiri

Memperlambat proses penuaan

Sementara itu, Dr. Yuri Nikoyalev berpendapat bahwa kemampuan puasa yang bisa membuat seseorang menjadi awet muda adalah sebagai suatu penemuan terbesar abad ini. Beliau mengatakan: “What do you think is the most important discovery in our time? The radioactive watches? Exocet bombs? In my opinion the biggest discovery of our time is the ability to make oneself younger physically, mentally and spiritually through rational fasting.

(menurut pendapat anda, apakah penemuan terpenting pada abad ini? Jam radioaktif? Bom exocet? Menurut pendapat saya, penemuat terbesar dalam abad ini adalah kemempuan seseorang membuat dirinya tetap awet muda secara fisik, mental, dan spiritual melalui puasa yang rasional).

Alvenia M. Fulthon, Direktur Lembaga Makanan Sehat “Fulltonia” di Amerika Serikat menyatakan bahwa puasa adalah cara terbaik untuk memperindah dan mempercantik perempuan secara alami. Puasa menghasilkan kelembutan pesona dan daya pikat. Puasa menormalkan fungsi-fungsi kewanitaan dan membentuk kembali keindahan tubuh.

Ketiga orang ahli tersebut yang notabene adalah non-muslim bahkan mengakui kehebatan dari puasa, mengapa kita yang muslim terkadang justru melalaikannya? Padahal jelas sekali Rasulullah telah bersabda seperti diatas tersebut.

Mari kita mulai berpuasa, jangan menunggu hingga Ramadhan tiba untuk berpuasa karena belum tentu usia kita akan sampai ke Ramadhan mendatang. Mari kita mulai dengan puasa sunnah senin kamis. Semoga Allah SWT selalu memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Aamiin ya Rabb al-‘Alamin..

Sumber: Keajaiban Puasa Sunnah by Ahmad Ghozali S

0 comments:

Posting Komentar

Recent Posts

Categories

Unordered List

*

  • Web
  • Blog Anda
  • Text Widget

    Blog Archive

    Total Tayangan Halaman

    Diberdayakan oleh Blogger.
    Kajian.Net